Mengenal Mikrokontroler dan Arduino

Apa itu Microcontroller ?

Microcontroller (Mikrokontroler) atau pengendali mikro adalah sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip. dalam sebuah mikrokontroler umumnya juga telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor, yakni memori dan antar muka I/O. Nah apa lagi itu mikroprosesor ?

Mikroprosesor adalah central processing unit (CPU) yaitu perangkat yang memahami dan melaksanan perintah dan data. Mikroprosesor biasanya tidak memiliki memory dan antar muka I/O. Pin yang ada pada mikroprosesor digunagan sebagai bus (Bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda) untuk antar muka ke peripheral seperti RAM, ROM, port Serial, Digital dan Analog I/O.

microcontroller

Ini berarti bahwa sebuah mikroprosesor secara umum mampu untuk dibangun ke pengaplikasian dan  tujuan yang lebih besar dari mikrokontroler. Mikrokontroler ini biasanya digunakan untuk aplikasi lebih spesifik/khusus.

Arduino

Arduino adalah single-board microcontroller yang bersifat open-source. dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat Arduino  mampu mengambil masukan dari berbagai sensor atau switch, dan mengendalikan berbagai lampu, motor, dan output fisik lainnya. Perangkat Arduino dapat diberi set intruksi supaya bisa melakukan sesuatu dengan menggunakan bahasa pemrograman Arduino dan software Arduino (IDE).

Arduino logo

Mengapa Arduino?

Ada banyak sistem berbasis mikrokontroler lain atau platform mikrokontroler yang tersedia dengan menawarkan fungsionalitas dan kemudahan penggunaan yang sama. Arduino menyederhanakan proses bekerja dengan mikrokontroler dan juga memberikan keuntungan yang lain dibanding dengan yang lain, seperti :

  • Murah – lebih murah dibandingkan dengan perangkat mikrokontroler yang lain.
  • Cross-platform – Software Arduino (IDE) berjalan di sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux atau dengan berbasis web editor.
  • Sederhana –  lingkungan pemrograman Arduino yang jelas dan mudah bagi pemula, namun cukup bagi pengguna tingkat lanjut.
  • Perangkat lunak Open source Software Arduino diproduksi sebagai alat open source, tersedia untuk pengembangan bagi programmer berpengalaman.
  • Perangkat Keras Open source – Perangkat Arduino di publikasikan dibawah lisensi Creative Commons, sehingga desainer sirkuit yang berpengalaman dapat membuat versi mereka sendiri, memperluas dan meningkatkan sistem Arduino.

Bagaimana cara menggunakan Arduino?

Ada banyak perangkat Arduino yang tersedia dan tujuan yg berbeda juga. Silahkan ke website panduan arduino untuk melihat dan mempelajari papan mikrokontroler yg ada dan persiapan untuk instalasi software Arduino IDE. Pada kesempatan berikutnya akan mempelajari lebih banyak mengenai project sederhana menggunakan mikrokontroler Arduino atau yang lain.

Incoming search terms: